Malena (2000)

Malena (2000) -  Film ini berkisah tentang Malena (Monica Belucci), seorang wanita muda yang cantik, mempesona, dan menjadi pujaan semua pria yang ada di sebuah daerah pesisir Italia. Dari kaum priyai sampai rakyat jelata, dari orang tua sampai anak muda, semuanya dibuat terbuai oleh kecantikan paras dan kemolekan tubuh malena.

Tidak terkecuali dengan Renato Amoroso (Giuseppe Sulfaro). Seorang bocah yang baru masuk masa puber. Ia sering 'menggunakan' wanita yang ditinggal suaminya pergi ke medan perang tersebut sebagai sosok yang ada di fantasinya ketika hendak bermasturbasi. bahkan suatu ketika ia sampai kepergok oleh bapaknya ketika melakukan aksinya itu.

Malena (2000)


Sosok Malena. Memiliki sudut pandang seorang anak yang melihat sosok wanita cantik dimatanya dan kehidupannya menjelang dewasa. Secara tidak langsung Renato masuk dalam kehidupan Malena.
Tornatore sangat apik dalam mempermainkan emosi penonton dengan film ini. Kesedihan saat Malena di telanjangi habis-habisa. Humor saat Renato ketahuan mencuri pakaian dalam Malena. Marah saat malena di tiduri dan lain-lain.

Kultur dari italia zaman dahulupun terasa hidup dalam film Malena. Kehidupan sosial warganya yang tak peduli dengan azas "Praduga Tak Bersalah", suka main hakim sendiri dan anak dibawah umur yang sudah boleh melakukan hubungan seks!.

Bukan main, pelajaran yang dapat diambil dari film malena ini. Kita dapat mengetahui sejarah italia zaman dahulu. Kehidupan masyarakatnya. Beberapa hal yang mungkin kita baru tahu setelah melihat film ini seperti anak yang boleh melakukan seks usia muda. Untuk sinematografi, patut diacungi jempol. karena "eksostisme" suasana italia saat perang sangat tergambar jelas dalam Malena.


Sinopsis Film Malena (2000)


Ketika tersiar kabar bahwa suami Malena yang ada di medan perang telah meninggal dunia, sontak semua pria yang ada di daerah tersebut seperti mendapatkan angin segar. Banyak pria yang mulai mendekati Malena. Mulai dari yang diam-diam, sampai dengan yang terang-terangan. Melihat kondisi tersebut, para wanita yang ada di daerah tersebut mulai merasa tidak nyaman dan mulai membuat siasat agar Malena bisa disingkirkan dari daerah itu. Malena yang cantik, harus menghadapi tekanan bertubu-tubi dari masyarakat disekitarnya. Oleh karena satu kata "Cantik". Meskipun film ini berbahasa Itali, tetapi tak dipungkiri film Malena memang film Masterpiece dari, Giussepe Tornatore. Film yang mendapat 2 nominasi Oscar ini memiliki keistimewaan di mata Tornatore. Beralur Flashback, saat Renato dewasa menceritakan masa-masa dahulu saat ia puber. Ia mengingat wanita yang sangat menarik dimatanya.

Malena sangat anggun dan terlalu sadar akan kecantikannya. Ia gunakan kecantikannya itu untuk memikat pria saat ia melintas di kota kecil di Italia. Tak hanya pria dewasa yang memandang Malena penuh kekaguman, bahkan sekelompok 'anak baru gede' juga memandang wanita ini dengan perasaan tak menentu.

Salah satu yang sangat terpengaruh adalah Renato Amaroso (Giuseppe Sulfaro), anak laki-laki berusia belasan tahun (tepatnya 12,5 tahun pada musim semi tahun 1940, bertubuh kurus dan cebol (sebutan untuk Renato) yang diam-diam selalu membuntuti Malena dengan sepedanya. Renato tak hanya mengagumi kecantikan Malena. Ia begitu terobsesi dengan kemolekan Malena.


Trailers Malena (2000)



Details Malena (2000)

IMDB
Rated: R
Runtime: 109 min | 92 min (heavily cut) | 84 min (TV)
Director: Giuseppe Tornatore
Writers: Giuseppe Tornatore (screenplay), Luciano Vincenzoni (original story)
Stars: Monica Bellucci, Giuseppe Sulfaro, Luciano Federico
Awards: Nominated for 2 Oscars. Another 7 wins & 17 nominations.

Official Sites: Official site
Country: Italy | USA
Language: Italian | English | Latin | Greek, Ancient (to 1453)
Release Date: 2 February 2001 (USA)
Also Known As: Malena
Filming Locations: Messina, Sicily, Italy

Box Office
Opening Weekend USA: $62,282, 25 December 2000, Limited Release
Gross USA: $3,429,045, 1 April 2001

Production Co: Medusa Film, Miramax, Pacific Pictures

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Enemy at the Gates (2001)