Defiance (2008)

Defiance (2008) adalah film Perang yang disutradarai Edward Zwick saat pendudukan Belarus oleh Nazi Jerman. Skenario film ini ditulis oleh Clayton Frohman dan Zwick didasarkan pada buku Nechama Tec tahun 1993, Defiance: The Bielski Partisans, sebuah kisah perlawanan bangsa yahudi yang dipimpin oleh 2 orang bersaudara Tuvia Bielski dan Zus Bielski yang menyelamatkan dan merekrut orang-orang Yahudi di Belarus selama Perang Dunia Kedua.

Film ini dibintangi Daniel Craig sebagai Tuvia Bielski, Liev Schreiber sebagai Zus Bielski, Jamie Bell sebagai Asael Bielski, dan George MacKay sebagai Aron Bielski. Produksi dimulai pada awal September 2007. Setelah rilis terbatas pada tanggal 31 Desember 2008, film ini diluncurkan secara umum di seluruh dunia pada bulan Januari dan Februari 2009.

Defiance (2008)

Tidak hanya menyuguhkan drama, tapi film ini juga dibumbui dengan adegan-adegan action yang menegangkan. Terutama di saat para yahudi harus diburu didalam hutan. Di film ini kita juga akan tahu bagaimana kentalnya tradisi yahudi. Dan di akhir filmnya kita akan dibuat terharu karena adegan kembalinya Zus kepada kakaknya, yaitu Tuvia. Pas sekali!


Sinopsis Film Defiance (2008)


Pada tahun 1941 NAZI mulai mengekspansi Belorusia. Pasukan SS dan polisi lokal memburu para Yahudi. Dalam 1 minggu 50000 yahudi dibunuh. 1 juta yahudi lainnya hanya menunggu waktu untuk dibunuh atau dideportasi. Namun sekelompok kecil yahudi berhasil melarikan diri ke hutan. Disinilah kisah dari keluarga Bielski dimulai.

Tuvia, Zus, Asael, dan Aron adalah 4 bersaudara dari keluarga Bielski. Pada mulanya hanya 4 orang inilah yang berhasil selamat karena mereka sangat menguasai medan di belantara Belorusia yang sangat luas. Namun hampir setiap harinya ada saja yahudi lain yang bergabung dengan mereka dengan berbagai alasan. Mereka pun menjadi semakin banyak.

Hal ini membuat keluarga Bielski mulai kewalahan terutama mengenai masalah bagaimana semua orang tersebut bisa makan. Mereka pun mulai membangun kamp sederhana dan membagi tugas untuk tetap bertahan hidup.

Karena jumlah mereka yang terus bertambah akhirnya terjadilah konflik internal antara Tuvia dan Zus. Zus dan beberapa orang yang sependapat dengannya memutuskan untuk berpisah dan bergabung dengan tentara partisan Russia. Dan kini hanya Tuvia sendiri yang memimpin orang-orang yahudi tersebut.

Musim dingin pun tiba, bahan makanan semakin sulit dicari. Sementara itu penyakit mulai mewabah di komunitas mereka padahal obat-obatan sudah menipis. Dan jalan satu-satunya adalah meminta obat-obatan tersebut kepada pastisan Russia.

Tuvia pun berangkat untuk memintanya. Awalnya partisan tersebut menolak untuk memberi, namun Zus yang sebenarnya masih ada keterikatan batin akhirnya mau mengupayakan untuk mendapatkan obat-obatan meskipun harus mengambil dari markas NAZI. Obat telah didapat namun maslah baru muncul, yaitu tentang makanan.

Bahkan mereka harus saling bertarung untuk mendapat makanan. Dan munculah para pemberontak yang mulai menghianati kepemimpinan Tuvia. Tuvia tak mau ambil pusing dengan kondisi tersebut. Dia menembaki langsung para pemberontak tersebut.

Musim semi pun tiba, namun perburuan oleh NAZI dan polisi lokal semakin gencar. Kaum Tuvia pun harus selalu berpindah-pindah untuk menyelamatkan diri. Pada puncaknya kaum tuvia tersudut dan diserang habis-habisan oleh NAZI.

Namun tiba-tiba sebagian dari partisan Russia yang memisahkan diri datang membantu dan menghabisi para NAZI tersebut. Ternyata partisan kecil tersebut dipimpin oleh Zus. Dan Zus pun memutuskan untuk kembali kepada Tuvia. Mereka pun hidup dihutan secara berpindah-pindah selama 2 tahun lamanya sampai perang berakhir.

Di hutan tersebut mereka membangun sekolah dan rumah sakit. Meskipun mereka tetap diburu namun jumlah mereka terus bertambah. Dan di akhir perang tercatat 1200 yahudi selamat.

Trailers Defiance (2008)




Details Defiance (2008)

IMDB
Rated R
Runtime: 137 min | 160 min (extended)
Director: Edward Zwick
Writers: Clayton Frohman (screenplay), Edward Zwick (screenplay)
Stars: Daniel Craig, Liev Schreiber, Jamie Bell
Awards: Nominated for 1 Oscar. Another 2 wins & 4 nominations.

Official Sites: Metropolitan Films [France] | Official site [Japan]
Country: USA
Language: English | German | Russian
Release Date: 16 January 2009 (USA)
Also Known As: DesafĂ­o
Filming Locations: Lithuania

Box Office
Budget:$32,000,000 (estimated)
Opening Weekend USA: $123,513, 4 January 2009, Limited Release
Gross USA: $28,644,813, 30 April 2009
Cumulative Worldwide Gross: $51,155,219, 31 December 2008

Production Co: Paramount Vantage, Grosvenor Park Productions, Bedford Falls Company, The

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Enemy at the Gates (2001)

Malena (2000)